Rabu, 14 Januari 2015

Ikhwah dalam Ukhuwah

Definisi Ukhuwah menurut KBBI online persaudaraan: perlu ditingkatkan rasa -- di antara sesama anggota masyarakat; Ukhuwah islamiah persaudaraan dalam Islam. atau sering dipahami sebagai ikatan atau tali. sedangkan ikhwah dapat berarti saudara.
kita sebagai umat muslim diikat oleh tali ukhuwah atau persaudaraan, yakni islam dan iman, kedua hal inilah yang senantiasa menguatkan hubungan sesama umat muslim.
ini adalah singkat cerita dari perasaan yang di alami oleh soerang muslim yang terpukau dengan kuatnya "ukhuwah" islamiah. Setelah setahun bersama tak ada alasanku untuk meninggalkan jalinan ukhuwah ini, yang ada hanyalah perasaan ingin selalu bersama dan berbagi, dengan canda tawa, dengan diskusi-diskusi yang menarik didalamnya. Orang-orang yang luar biasa ada didalamnya.
Islam ini memang luar biasa! Di SKI pertama kali aku dikenalkan dengan yang namanya hijab, iya dan tertawa memang aku ketika pertama kali harus menggunakannya. Namun setelah setahun bersama, memang terasa sesuatu yang berbeda, unik, menarik disini, pokoknya keren deh.
Orang-orang didalamnya, dari yang awam dengan islam, sampai yang luar biasa, membuatku iri sehingga aku harus menjaga semangatku untuk dapat terus bersama jalan dakwah ini, karena aku juga tak mau dimakan hiu seperti nabi yunus.
Dalam satu Hadist tentang mendoakan sesama muslim Abu Darda’ RA, Rasulullah SAW bersabda maksudnya : “Doa seorang muslim kepada saudara muslimnya secara ghaib (tanpa pengetahuan saudaranya) adalah mustajab (diterima), di sisi kepalanya malaikat yang diutus Allah setiap kali dia
mendoakan saudara muslimnya dengan doa yang baik, dan berkatalah malaikat itu, amin!, engkau juga beroleh manfaat yang sama.” (Riwayat Muslim).

ikhwah sekalian, marilah senantiasa kita menjaga ikatan persaudaraan ini, jalinan ukhuwah ini, tak mengenal tempat jarak ataupun kulit, selagi dia muslim dia adalah saudaraku, maka doakanlah kebaikan untuknya.

0 comments:

Posting Komentar